Inspirasi Dayak dengan Tampilan Mewah ala Jeny Tjahyawati

Inspirasi Dayak dengan Tampilan Mewah ala Jeny Tjahyawati

Indonesia Fashion Week yang berlangsung pada bulan Maret 2019 lalu mengusung budaya Kalimantan sebagai sorotan, yang diwujudkan dalam visual, instalasi dan tema besar rancangan para desainer. Kalimantan menjadi inspirasi dan perayaan budaya yang terekam selama penyelenggaraan IFW 2019. 

Pada presentasi karya para desainer yang ditampilkan di runway utama, kekayaan dan ragam budaya Kalimantan ini ditampilkan melalui penggunaan bahan baku seperti kain tenun, songket, dan batik dari berbagai wilayah di Indonesia maupun motif perisai, flora dan fauna Kalimantan yang menginspirasi detail pada desain busana.

Salah satunya adalah koleksi karya Jeny Tjahyawati yang bertema Dayak Luxury. Motif seni lukis suku Dayak menjadi inspirasinya, yang merupakan perpaduan antar pola dasar yang dikreasikan menjadi beberapa variasi, sehingga menjadi kesatuan rangkaian makna yang berarti. Bentuk tanaman dan bunga juga menjadi corak yang diambil sebagai ornamen busana.

  

Motif seni lukis Dayak yang ekspresif ini seringkali muncul dalam berbagai lukisan, ukiran, pahatan pada rumah adat (rumah Betang), alat musik tradisional Sape/Kecapi, senjata (Mandau, Sumpit, Telawang), topeng, serta sulam dan rajutan pada busana adat.

Teknik yang digunakan Jeny Tjahyawati pada koleksi ini adalah lipatan. Permainan bidang dengan cara melipat, menumpuk dan mengembang lalu dibentuk dengan mengadaptasi seni teknik melipat origami. Diaplikasikan pada material yang berkilau, kesan futuristik muncul pada koleksi busana yang menerapkan craftmanship tinggi ini. Namun berbeda dengan corak motif Dayak yang biasanya muncul dalam beragam kombinasi warna-warni berani, corak yang muncul diaplikasikan dalam warna silver, yang kontras dengan warna dominan busana yaitu hitam, fuchsia dan abu-abu. 

Koleksi Dayak Luxury ini sebelumnya telah ditampilkan oleh sang desainer pada Hongkong Fashion Week fall/winter 2019 pada awal tahun ini.

  

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Bagai Dua Lautan yang Mengalir Berdampingan

Bagai Dua Lautan yang Mengalir Berdampingan

READ MORE
Eugeneffectes, The Harajuku Muslim is Back!

Eugeneffectes, The Harajuku Muslim is Back!

READ MORE