Indonesian Fashion Chamber, Satu Tahun yang Padat dan Produktif

Indonesian Fashion Chamber, Satu Tahun yang Padat dan Produktif

Banyak sekali predikat yang bisa dilekatkan kepada Indonesian Fashion Chamber (IFC). Bagi yang masih belum mengenalnya, IFC adalah organisasi atau asosiasi fashion yang beranggotakan desainer fashion Indonesia, yang boleh dibilang paling muda diantara asosiasi lainnya. IFC (baru) terbentuk pada 16 Desember 2015, dengan pengurus dan anggota para desainer yang sebelumnya tergabung dalam APPMI (Asosiasi Perancang dan Pengusaha Mode Indonesia). Dengan semangat dan 'kacamata' baru, para desainer ini menggodok konsep hingga melahirkan asosiasi baru bernama Indonesian Fashion Chamber.

Saat terbentuk, IFC telah memiliki puluhan anggota yang tersebar di banyak kota di Indonesia, sehingga sekaligus telah membentuk kepengurusan hingga cabang/chapter masing-masing kota tersebut. Paling tidak, hingga saat ini IFC telah memiliki    chapter, yaitu Jakarta, Bandung, Semarang, Jogja, Surabaya, Bali, Padang, Kalimantan, dan Sulawesi Selatan. 


Selain sebagai asosiasi fashion termuda di Indonesia, IFC layak diberi predikat asosiasi paling aktif dan produktif. Usianya baru 1 tahun, tetapi lihat saja sederet pencapaian dan program yang telah berhasil dilaksanakan dari hulu ke hilir dalam industri fashion. Program-program signifikan tersebut diantaranya MUSLIM FASHION FESTIVAL INDONESIA sebuah acara yang mengetengahkan Fashion Show, Seminar, Workshop, Exhibition  yang di ikuti lebih dari 400 brand dari UKM/IKM dan garment, serta lebih dari 200 designer busana muslim. FASHION TUESDAY MARATHON bekerjasama dengan Cilandak Town Square (Citos) dan RAMADHAN IN STYLE bertempat di Gandaria City, sebagai usaha untuk menguatkan branding dan bisnis bagi para desainer.

Kemudian Pameran dagang yang berorientasi pada B2B di pasar International, telah di ikuti oleh IFC yaitu Hongkong Fashion Week, Asia’s Premier Fashion (Centerstage)-Hongkong, Who’s Next Paris, Istambul Modest Fashion Week - Turkey, Mercedes Benz Fashion Week, Malaysia Fashion Week.  

Tak sekedar itu, di tanggal 28-29 May 2016 bertempat di Potter’s Field Park London-UK, IFC turut serta membantu pemerintah dalam diplomasi ekonomi & budaya guna menaikkan target kunjungan pariwisata  melalui event INDONESIAN WEEKEND yaitu sebuah acara yang mengangkat 5 unsur: Makanan (kuliner), Musik, Fashion, Travel dan Budaya.

Kerjasama juga dibangun bersinergi dengan kelompok bidang kreatif  lain membentuk Indonesia Trend Forecasting, program pelatihan berstandar SKKNI (Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia) serta membantu memberikan masukan silabus pengajaran pada mata pelajaran  pendidikan SMK Tata Busana diberbagai daerah di Indonesia. Semua ini dilakukan karena Indonesian Fashion Chamber sebagai bagian dari masyarakat ikut memikul tanggung jawab membangun negeri dan memberikan dampak positif yang besar bagi kesejahteraan industri mode indonesia pada umumnya serta kepada asosiasi pada khususnya.

Entah sebesar apa energi yang dimiliki oleh para desainer yang tergabung didalamnya, terutama mereka yang berada dalam kepengurusan pusat (IFC National Board). Mungkin wajar bila mereka adalah para profesional yang hanya berperan menjadi enabler menggerakkan roda organisasi dan melakukan sederet program tersebut. Tetapi nyatanya, mereka adalah para desainer aktif yang tetap menghasilkan koleksi fashion setiap waktu tertentu dan menjalankan bisnisnya masing-masing. Salut!

Untuk menandai pencapaian dan eksistensi satu tahun ini, pada tanggal 14 Desember lalu IFC mengadakan syukuran dan trunk show dari beberapa desainer dari seluruh chapter IFC, sekaligus peluncuran Concept Store 'D2-I', yang berlangsung di Neo Soho Mall, Jakarta Barat. D2-I merupakan concept store pertama milik IFC yang menjual koleksi terbaru karya para desainer IFC.

Selamat untuk satu tahun yang penuh semangat dan produktif ini, semoga tahun-tahun berikutnya IFC mampu memberikan dampak yang makin signifikan terhadap perkembangan industri fashion Indonesia. 


please login to comment.

RELATED ARTICLES

Transformasi 'Kami'

Transformasi 'Kami'

READ MORE
ELEMWE Konsisten Promosikan Batik Betawi

ELEMWE Konsisten Promosikan Batik Betawi

READ MORE