Experience, 'Komoditas' Paling Laku untuk Milenial Kini

Pernah mengalami bepergian dan liburan dengan anak kecil? Bayangkan  situasi seperti ini; keluarga muda dengan barang bawaan yang cukup heboh, lengkap dengan stroller compact. Anak kecil yang berlarian dan tidak bisa duduk diam. Ibu yang berkali-kali harus menjawab pertanyaan anak-anak yang tidak habis-habis, waktu makan yang tidak pernah tenang, dan ayah yang siap menggendong anak tiap kali mereka rewel. Oh, bukan itu saja, pasti masih panjang deretan kehebohan yang terjadi saat liburan, terutama bila membawa anak kecil.

Tetapi, apakah para young parents ini kapok? Tidak kan. Justru semakin banyak keluarga muda kini yang selalu menjadwalkan untuk traveling, baik dengan teman, dengan pasangan dan terutama, dengan keluarga kecilnya. Karena inilah yang dicari dalam setiap perjalanan itu; pengalaman. Kredo yang dipegang teguh oleh generasi sekarang: Pengalaman, petualangan dan perjalanan itulah yang membuatmu kaya. 

Dunia yang berubah, perilaku konsumsi yang berubah, kini semua orang bisa melihatnya, dan makin jelas buktinya. Leisure economy, orang-orang makin sedikit membelanjakan uangnya untuk membeli barang, dan makin banyak belanja 'pengalaman'.

Perubahan ini juga membuat (lebih tepatnya memaksa) para pelaku ekonomi untuk selalu berpikir dan bergerak cepat, catch up with the trend, untuk bisa selalu relevan dengan konsumen terbesarnya: generasi milenial. Mereka pun mendefinisikan dan mencoba meramu, apa saja yang ada dalam komoditas 'experience' ini. 

Seperti yang dilakukan oleh start-up raksasa Traveloka, yang kini melebarkan sayapnya dan mendefinisikan dirinya, tidak lagi sebatas 'Online Travel Agency', tetapi kini hadir sebagai discovery platform. Traveloka menyadari adanya fenomena pergeseran pola konsumsi ke leisure economy yang terjadi ini menyebabkan perubahan kebutuhan masyarakat dari konsumsi berbasis barang ke konsumsi berbasis pengalaman. Sebagai discovery platform, Traveloka memperkenalkan bagaimana teknologi dapat membantu dan mempermudah kegiatan sehari-hari, sehingga dapat memenuhi kebutuhan serta memperkaya pengalaman hidup para penggunanya.

Mulai tahun ini, Traveloka melebarkan sayapnya dengan melengkapi produk dan layanan untuk kebutuhan travel dan lifestyle yang terintegrasi dalam satu aplikasi, melalui Traveloka Xperience


Hingga hari ini, Traveloka sebagai perusahaan teknologi terdepan pertama di Indonesia telah berekspansi ke 6 negara di Asia Tenggara serta Australia. Dengan Traveloka Xperience memantapkan diri sebagai platform pemesanan travel dan gaya hidup terdepan di Asia Tenggara, para pengguna di 7 negara tempat Traveloka beroperasi tersebut dapat menikmati beragam kemudahan dalam memenuhi kebutuhan gaya hidup yang berkualitas.

Menyediakan 12 kategori produk, Traveloka Xperience memperkenalkan wajah baru yang akan membawa pengguna untuk merasakan beragam pengalaman seru saat liburan atau melakukan aktivitas sehari-hari di luar maupun dalam negeri. Traveloka Xperience adalah platform pemesanan beragam produk aktivitas liburan dan gaya hidup terdepan di Asia Tenggara, meliputi atraksi, bioskop, event, hiburan, spa & kecantikan, olahraga, taman bermain, transportasi lokal, tur, pelengkap travel, makanan & minuman, dan kursus & workshop.

Traveloka Xperience juga menawarkan ribuan pilihan pengalaman di seluruh dunia yang dapat memenuhi kebutuhan para penggunanya, didukung dengan berbagai pilihan metode pembayaran yang beragam, proses pemesanan yang cepat dan praktis, serta rasa aman dan bebas cemas dengan adanya layanan customer service 24/7, dan dilengkapi dengan 6 pilihan bahasa untuk semakin memudahkan para pengguna.


Christian Suwarna, CEO Traveloka Experience menjelaskan, “Sebagai bagian dari wujud discovery platform, Traveloka Xperience menyediakan beragam inventori terbaik untuk pilihan aktivitas liburan dan gaya hidup di dalam maupun luar negeri, sehingga pengguna dapat merasakan beragam pengalaman seru saat liburan atau melakukan aktivitas sehari-hari. Kami juga memiliki misi untuk memperkaya kehidupan para pengguna dengan memungkinkan mereka mendapatkan pengalaman yang lebih dari sekadar bepergian, yakni pengalaman yang unik dan tak terbatas. Kehadiran Traveloka Xperience diharapkan dapat menjadi solusi terbaik untuk memudahkan para pengguna dalam mencari inspirasi hingga mengalami proses pemesanan yang aman dan nyaman untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup berkualitas.” 

“Kami juga memahami bahwa kehadiran kami ini tidak serta-merta ada ketika pengguna kami sedang traveling/bepergian jauh. Ada begitu banyak aktivitas dan pengalaman hidup yang bisa ditemukan di sekitar kita, sehingga di mana pun para pengguna kami berada, Traveloka akan selalu hadir memberikan kemudahan,” sambung Christian.

Mengenai peluncuran wajah baru Traveloka Xperience ini, Terry Santoso, Head of Xperience Product Marketing Traveloka menambahkan, “Selain menyediakan inventori terbaik, Traveloka Xperience juga menyediakan beragam kemudahan lainnya bagi para pengguna, seperti rekomendasi aktivitas liburan maupun gaya hidup yang telah dikurasi agar sesuai dengan lokasi maupun destinasi pengguna, hingga layanan Easy Access yang bukan hanya mempermudah pengguna dalam memasuki area wisata dan aktivitas, melainkan juga membantu mitra kami atau pengelola tempat wisata untuk mengadopsi teknologi terbaru yang dapat menunjang pelayanan yang mereka miliki. Dalam rangka memeriahkan peluncuran Traveloka Xperience ini, beragam promo menarik mulai dari atraksi wahana dalam negeri hingga mancanegara kini dapat dinikmati pengguna di platform Traveloka.”

Platform discovery Traveloka Experience kini menjadi penyedia belanja 'pengalaman' terlengkap di Indonesia, dan akan menjadi milestone bagi perubahan tren konsumsi leisure yang semakin signifikan. 

Tags

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Less is More; Menilik Gaya Hidup Minimalis

Less is More; Menilik Gaya Hidup Minimalis

READ MORE
Karakter Generasi Milenial di Dunia Kerja. Kamu termasuk?

Karakter Generasi Milenial di Dunia Kerja. Kamu termasuk?

READ MORE