ELEMWE Konsisten Promosikan Batik Betawi

ELEMWE Konsisten Promosikan Batik Betawi

Inovasi dan pembaruan dalam industri kriya batik harus selalu dilakukan, untuk melestarikan salah satu kekayaan budaya unggulan Indonesia ini. Hal ini secara kontinu oleh Lily Mariasari, pemilik dan desainer brand ELEMWE (dibawa el-em-we) yang menawarkan kreasi batik Betawi. Sejauh yang kita ketahui, batik Betawi memang tidak ada sejarahnya dan belum banyak yang mengolahnya, dan sejak berdirinya pada tahun 2015 lalu ELEMWE memang berikhtiar untuk mengembangkan batik yang berorientasi pada kebudayaan Betawi.

Unsur-unsur budaya suku asli Jakarta ini diaplikasikan pada motif-motif batik yang dikembangkan sendiri oleh Lily, seperti motif Monas, bajaj, dan penjaja kerak telor pada koleksi-koleksinya yang terdahulu. Ia menggunakan teknik batik cap dan tulis, dan diterapkan paling banyak pada bahan katun, serta sutera untuk koleksi premium. Sebagai desainer muslim, Lily biasanya membuat desain siap pakai busana muslim dengan bahan batik Betawi yang menjadi ciri khasnya.

Berkat keikutsertaannya pada organisasi pengrajin dan aktif mengikuti kegiatan yang diselenggarakan Kementrian bagi pelaku industri UKM, dalam beberapa tahun ini ELEMWE telah beberapa kali berpartisipasi dalam event fashion internasional di luar negeri, seperti London dan New York. "Kesempatan untuk mengikuti fashion show dan pameran dagang di luar negeri banyak datang dari organisasi dan Kementrian, sehingga ini sebagai tantangan bagi kita untuk membuka pasar di luar negeri dan menyiapkan koleksi yang sesuai", kata Lily Mariasari. 

Seperti pada event London Muslim Lifestyle yang baru saja diikutinya pada bulan April 2017 lalu. ELEMWE banyak menampilkan koleksi satu potong seperti long dress dan dua potong berupa atasan tunik dipadu bawahan yang lebih fleksibel. "Untuk koleksi yang ditampilkan di luar negeri biasanya lebih simpel potongannya, dengan warna-warna coklat dan basic, tidak banyak bervariasi warna seperti koleksi disini," lanjut Lily. 

  

Kini, di Jakarta ELEMWE baru saja memamerkan koleksi terbarunya pada ESMOD Fashion Art Vibes di Kota Kasablanka, Sabtu 5 Agustus 2017. Menampilkan 16 outfit wanita dan pria, serta banyak menggunakan warna merah-putih sebagai spirit kemerdekaan RI. ELEMWE memperkenalkan batik betawi pada anak-anak muda pada event ini dengan motif batiknya berupa landscape Jakarta, dan flora fauna khas Jakarta seperti bunga Flamboyan dan bunga Tapak Dara. Lily memainkan kombinasi bahan polos dan batiknya, dengan material katun, sutera dan dobi. 

Melalui desainnya Lily berharap bisa membantu Jakarta lebih dikenal dari nilai seni budaya, dan dari segi syiar, berharap busana muslim yang dibuat  mampu menarik para muslimah yang sudah berbusana muslim untuk makin mencintai dan merasa nyaman untuk tetap mengenakan busana muslim. 

  

  

  

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Modest Fashion Highlights in 2016 (part 1)

Modest Fashion Highlights in 2016 (part 1)

READ MORE
Muslim Fashion Festival, satu Pilar Indonesia sebagai Pusat Fashion Muslim Dunia

Muslim Fashion Festival, satu Pilar Indonesia sebagai Pusat Fashion Muslim Dunia

READ MORE