Ekspresi Budaya dalam Syar'i, Koleksi 7 Desainer Hijabersmom Community

Ekspresi Budaya dalam Syar'i, Koleksi 7 Desainer Hijabersmom Community

Komunitas, di era digital kini menjadi sebuah entitas yang penting, karena komunitas meniscayakan keberadaan anggota, sekelompok orang yang tidak saja 'hadir' di dunia maya (digital dan media sosial) tetapi sekaligus juga hadir secara fisik.

Hijabersmom Community merupakan salah satu komunitas muslimah yang masih eksis, sejak dibentuknya pada tahun 2013. Hijabersmom (HmC) secara harfiah merupakan komunitas ibu-ibu berhijab, namun lebih jauh dari itu, HmC benar-benar menjadi wadah aktualisasi diri dan pemberdayaan anggotanya, sekaligus menjadi sarana ukhuwah dan berbagi.

Sebagian besar anggota HmC berkecimpung di dunia fashion, karena memang sejak awal pembentukannya komunitas ini lahir dari passion terhadap fashion yang santun dan tertutup, sesuai syariah Islam.

Dalam kiprah dan aktivitasnya, HmC seringkali terlibat dalam program dan event di berbagai bidang yang selaras dengan visi misinya. Di awal Maret 2019 ini, HmC menjadi community partner pada event Jakarta Syariah Halal Festival, sebuah ajang edukasi, pameran dan promosi produk Syariah & Halal kepada pelaku usaha dan masyarakat umum.

Pada event yang diadakan di Cendrawasih Hall, JCC ini HmC menyuguhkan fashion show dari 7 desainer yang menjadi anggotanya. Banyak diantara anggota HmC yang merupakan desainer yang aktif berkarya, atau pengusaha bidang fashion muslim.

Tujuh desainer tersebut adalah Najua Yanti, Chaera Lee, Nia Novijanto, Frida Aulia, Indriya R Dani, Neera Alatas dan Tety Murniati. Ketujuh desainer memperagakan koleksi terbaru dengan beragam corak sesuai karakter masing-masing, dalam nuansa busana syari.  Para desainer mempersembahkan presentasi koleksi ini bagi ratusan anggota komunitas HmC lainnya yang hadir, customer setia dan muslimah pada umumnya. 

Ekspresi budaya juga sangat terlihat dalam karya para desainer, meskipun tidak tampak kesan etnik yang melekat. Seperti Najua Yanti, melalui labelnya Najua Modest Syari, dengan koleksi 'Jakarta Tune' yang mengangkat konsep retro dengan mengambil unsur-unsur khas Jakarta untuk aplikasi set busana syari. 

Najua Modest Syari - Chaera Lee