Bugar selama puasa dengan Light Yoga

Bugar selama puasa dengan Light Yoga

Seringkali kita merasa lemas atau kurang berenergi pada saat puasa, dikarenakan kita dilarang untuk makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari. Namun ibadah puasa tentunya bukan menjadi alasan untuk tidak melakukan aktivitas fisik. Agar tetap bugar selama puasa, kita bisa memilih olahraga yang ringan seperti light yoga.

Menurut Ika Paramastri, pemilik sekaligus pengajar yoga di Yoga Tree House, light yoga cocok dilakukan pada saat puasa karena gerakannya lebih ringan, lebih banyak menahan dalam 1 pose,  dan gerakan pada saat stretching lebih banyak sehingga energi yang dikeluarkan tidak sebesar pada yoga biasa. Light yoga cukup dilakukan selama 30 menit – 1 jam.

Gerakan-gerakan light yoga antara lain:

1. Basic Sun Salutation.

            Merupakan gerakan stretching dasar yang dimulai dari Tadasana (Mountain Pose), Urdhva Hastasana (Upward Salute), Uttanasana (Standing Forward Bend), Ardha Uttanasana (Half Standing Forward Bend), Chaturanga Dandasana (Four-Limbed Staff Pose), Urdhva Mukha Svanasana (Upward-Facing Dog Pose), Adho Mukha Svanasana (Downward-Facing Dog Pose), Feet to Hands (Transition), Ardha Uttanasana (Half Standing Forward Bend), Uttanasana (Standing Forward Bend), Urdhva Hastasana (Upward Salute), dan kembali ke posisi Tadasana (Mountain Pose).

      

2.  Warior Pose

            Gerakan ini dimulai dengan posisi berdiri dan kedua kaki seperti membentuk kuda-kuda. Tekuk kaki kiri hingga membentuk sudut 90 derajat, kemudian bentangkan tangan selebar-lebarnya hingga membentuk sudut 180 derajat antara tangan kanan dan kiri. Tahan dalam posisi ini sekitar 30-60 detik. Manfaat dari gerakan ini untuk memperkuat dan mergangkan kaki serta pergelangan kaki.



3. Shavasana
            Gerakan shavasana dilakukan untuk merilekskan sekujur tubuh dan memberinya waktu untuk memperbaiki sel-sel yang rusak. Hasilnya, bisa meredakan beberapa gangguan seperti sakit kepala dan kelelahan. Gerakan ini diawali dengan duduk, kemudian tekuk lutut dan telapak kaki menapak ke lantai. Kemudian, baringkan badan perlahan. Kemudian tidurlah dalam posisi telentang dengan tulang belakang menempel ke lantai. Rasakan kembali seluruh tubuh dan juga indra-indra. Kemudian pelan-pelan gerak-gerakkan jari-jari tangan dan kaki. Selanjutnya tekuk lutut kiri, pelan-pelan sambil membuang napas, putar badan ke samping kanan. Ambil dan buang napas sebanyak 2 hingga 3 kali. Kemudian bertumpu pada tangan, pelan-pelan angkat pinggang untuk duduk. Kepala adalah bagian terakhir yang terangkat. Dan yang terakhir duduk bersila dan pejamkan mata. Kemudian, ambil napas dalam dan kemudian hembuskan pelan. Lakukan sekitar 3 hingga 6 kali napas, atau sesuka Anda.


Selain ketiga gerakan di atas, yang juga termasuk dalam gerakan light yoga adalah squat pose, lord of the fish, pigeon pose, cat and cow pose . Anda bisa melakukannya saat pagi hari atau sore hari menjelang buka puasa. Program light yoga juga bisa anda ikuti di Yoga Tree Studio di Jalan Rawajati Timur Blok K no.21, Pancoran, Jakarta Selatan.

Tips dari Ika agar tubuh tetap bugar saat puasa, selain tetap berolahraga yaitu memperbanyak konsumsi air putih setelah berbuka puasa hingga waktu sahur serta makan sayur dan buah-buahan.


Nah mudah bukan menjaga kebugaran tubuh saat puasa?

please login to comment.

RELATED ARTICLES

Sekali Lagi Tentang Micellar Water

Sekali Lagi Tentang Micellar Water

Micellar water kini semakin populer sebagai pembersih wajah. Temukan lebih lanjut bagaimana pembersih/make up remover ini bisa membersihkan wajah dengan lembut, dan efektif.

READ MORE